Pilihan Jilbab untuk Si Tinggi

Pilihan Jilbab untuk Si Tinggi

Sebuah kemajuan yang membanggakan bagi umat muslim karena pertumbuhan penduduk Islam di dunia mencapai 235% pada satu dekade terakhir (2011). Pada tahun 2013 jumlah penduduk di dunia adalah tujuh miliar, di mana presentase detailnya adalah: Islam 22.43%, Kristen Katolik 16.83%, Hindu 3.78%, Buddha 7.13%, dan Atheis 2.04%.

Bagi wanita muslim diwajibkan untuk mengenakan jilbab. Kini banyak sekali berbagai macam jilbab yang sudah beredar di Indonesia. Di antaranya adalah:

 

Bergo

Bergo atau biasa yang disebut jilbab siap pakai adalah jilab yang sudah lama dikenal oleh masyaakat muslim di Indonesia. Jilbab ini biasanya dipakai di semua kalangan umur, mulai dari bayi, anak SD, remaja, hingga dewasa. Jilbab ini tersedia dalam berbagai macam motif, bentuk dan ukuran kepala. Walaupun merupakan jilbab sederhana karena siap dipakai, bergo juga bisa digunakan dalam acara-acara resmi seperti kondangan dan tahlilan, tergantung motif dan bahan pembuatnya. Jilbab ini juga bisa digunakan untuk semua jenis muka, seperti tirus dan bulat. Dalam pemakaian bergo hanya diperlukan satu peniti atau jarum pentul untuk megencangkan bagian bawah leher jilbab yang longgar. Jilbab ini menjadi pilihan bagi mereka yang menggunakan jilbab syari’i. Karena selain sederhana, jilbab ini juga tersedia dalam ukuran yang panjang guna menutup seluruh tubuh bagian atas hingga sebatas paha. 

 

Jilbab Segi empat

Jilba ini berbeda dengan bergo karena memiliki cara khusus dalam menggunakannya. Jilbab ini berbentuk segi empat. Biasanya wanita muslim akan melipatnya menjadi bentuk segitiga lalu mengenakannya degan berbagai macam model. Jilbab ini juga tterdiri dari variasi warna dan kain. Jilbab ini lebih kasual dan sering dipakai untuk acara-acara santai seperti ke piknik. Jilbab ini begitu terkenal di kalangan anak SMA dan mahasiswa. Motif yang ada di jjilbab ini juga bermacam-macam mulai dari batik, motif kartun, dan motif abstrak.

 

Jilbab pashmina

Jilbab pashmina baru-baru ini dikenal sebagai keluaran terbaru dan termodern dala dunia busana muslim. Pasalnya jilba pashmina ini sering menjadi “maskot” dalam film-film religi di Indonesia. Mulai dari kalangan aktris hingga pejabat menggunakan jenis jilbab ini. Jilbab ini memiliki berbagai macam jenis, seperti cerutti.


Artikel ini akan memberikan tips untuk muslimah yang bertubuh tinggi dalam memilih jilbab. Biasanya jenis jilbab yang cocok untuk muslimah berbadan tinggi adalah jenis jilbab segi empat karena panjangnya cocok untuk disandingkan dengan tinggi badan, tipsnya antara lain:

 

1.      Pilihlah jilbab yang panjangnya melewati dada

Jilbab pendek akan membuat penampilan Anda akan terlihat lebih jangkung dan kecil. Pilihlah jilbab yang menutupi dada dan panjangnya sampai di perut. Jika Anda ingin terlihat lebih pendek dari biasanya, pilihlah jilbab bergo yang panjangnya sampai menutupi paha Anda dan hindarilah mengenakan celana saat Anda memilih jilbab berukuran panjang.

 

2.      Pilihlah jilbab yang bisa menutupi dahi

Biasanya wanita berbadan tinggi memiliki bentuk wajah sedikit oval atau lonjong. Oleh karena itu disarankan memakai jilbab segi empat atau bergo yang bisa menutupi dahi agar tidak terlihat terlalu lonjong. Sebenarnya jilbab pashmina tidak masalah asalkan dengan lingkaran yang sedikit lebih kecil dari lingkaran kepala Anda.

 

3.      Pilihlah warna yang lembut

Untuk orang tinggi lebih baik menghindari warna-warna cerah karena akan terkesan lebih tinggi ukuran badannya. Pilihlah warna yang lembut atau bahkan gelap untuk menyeimbangkan tinggi Anda.

 

4.      Pilihlah jilbab dengan motik garis-garis

Pemilihan motif juga berpengaruh pada penampilan Anda yang memiliki tubuh tinggi. Hindarilah motif bunga karena akan lebih menonjolkan kesan tubuh tinggi Anda. Bila perlu pakailah jilbab polos, atau jika ingin bergaya pakailah jilbab dengan motif garis-garis abstrak.

 

Itulah beberapa tips untuk muslimah yang berbadan tinggi, yang terpenting adalah tetap menjaga aurat dengan jilbab, bukan untuk tampil fashion dengan memamerkan lekuk-lekuk tubuh. Jilbab juga bisa dimodifikasi sesuai selera yang penting tidak mempertontonkan aurat anda. Satu lagi tips mengenakan jilbab, jangan lupa memberikan sentuhan aksesoris mini untuk mengaitkan jilbab anda. Aksesoris tak perlu yang besar-besar dan berwarna-warni, cukup yang kecil dan satu warja saja.

See Also

Perawatan Rambut Alami Wanita Berjilbab
Perawatan Rambut Alami Wanita Berjilbab
Tips Busana Muslim Bagi Wanita Berpostur Pendek
Tips Busana Muslim Bagi Wanita Berpostur Pendek
Tips Berpakaian untuk Wanita Berhijab
Tips Berpakaian untuk Wanita Berhijab
4 Busana Muslim Untuk Pesta Yang Trendy
4 Busana Muslim Untuk Pesta Yang Trendy